Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaTerbaru

TNI AL Selamatkan 8 ABK yang Kapalnya Tengelam Akibat Cuaca Buruk

54
×

TNI AL Selamatkan 8 ABK yang Kapalnya Tengelam Akibat Cuaca Buruk

Sebarkan artikel ini

 Foto: Istimewa

 

Ketapang – Kapal Perang KRI Sembilang 850 berhasil menyelamatkan anak buah kapal (ABK) KLM Maju Indah yang tenggelam di perairan Gosong Aling Selat Karimata, Selasa (12/7/2022).

Diketahui kalau KLM Maju Indah yang bermuatan pupuk sebanyak 290 ton, Granit 10 ton dan barang kelontong 30 ton milik PT Rezeki Murni Setia berangkat dari Gresik menuju Pontianak pada 8 juli lalu itu mengalami troble mesin dan terkena cuaca buruk sehingga mengakibatkan kapal tenggelam.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ketapang, Letkol Laut (P) Bambang Nugroho menjelaskan kalau personel TNI dari KRI Sembilang-850 berhasil mengevakuasi 8 orang AKB, termasuk nahkoda Kapal Maju Indah yang tenggelam.

” Alhamdulillah hari ini KRI Sembilang 850 berhasil mengevakuasi 8 orang ABK KLM Maju Indah yang terombang – ambing dilaut dengan selamat,” ucapnya saat menerima kedatangan KRI Sembilang 850 yang membawa ABK KLM Maju Indah di Pelabuhan Sukabangun, Selasa (12/7/2022) sore.

Lebih lanjut Bambang Nugroho menjelaskan kronologis kejadian yang berawal dari adanya informasi tenggelamnya KLM Maju Indah di perairan Selat Karimata pada koordinat 3° 23.00′ S – 110° 7.00 T atau lebih kurang 50 NM dari Kendawangan.

Kemudian Lanal Ketapang berkoordinasi dengan Lantamal XII, Guspurla Armada I dan Koarmada I dalam rangka menyarankan untuk pelaksanaan SAR oleh KRI Sembilang 850 yang sedang sandar di Pelabuhan Ketapang.

“Pada pukul 17.30 WIB KRI Sembilang – 850 yang di komandani oleh Mayor Laut (P) Yahya Junarko langsung menuju TKP laksanakan SAR,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, kemudian pada selasa tanggal 12 Juli KRI Sembilang 850 mulai melaksanakan pencarian diposisi 3° 23.00′ S – 110° 7.00′ T dan berhasil menemukan ABK Maju Indah yang telah terombang- ambing dan hanyut di laut sekitar 5 mil dari lokasi kapal tenggelam.

“Pukul 09.50 WIB kita mendapati 8 ABK Kapal dan kemudian dinaikkan ke KRI Sembilang 850 dalam keadaan selamat. KLM  Maju Indah sendiri tidak bisa diselamatkan dan tenggelam,” ucap Bambang Nugroho.

Sementara itu Lima ABK yang berhasil diselamatkan, yakni Jefri, Dedi Setiawan, Safri, M Ridwan, M Ardi, Tubagus Arifianto, Nicolaos Betirbulor dan Muhammad Ryan.

Kedelapan ABK KLM Maju Indah itu saat ini telah dievakuasi ke pelabuhan Sukabangun Ketapang untuk dilaksanakan pemeriksaan kesehatan dan dikembalikan ke rumah masing-masing. (A/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *