Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Kota Singkawang

MAKIN Lakukan Ritual Sembahyang Rampas

43
×

MAKIN Lakukan Ritual Sembahyang Rampas

Sebarkan artikel ini

Klenteng Cetya Tri Darma Bumi Raya Lirang

Singkawang – Panitia di Klenteng Cetya Tri Darma Bumi Raya Lirang Mempersiapkan Ritual Sembahyang Rampas, Rabu (02-09-2020).

Menurut Jhonni Sun SH.,MH,
Wakil Ketua Majelis Agama KhongHucu Indonesia (MAKIN) Kota Singkawang,
Setiap tanggal 15 bulan 7 penanggalan Imlek 2571 atau pada hari rabu (02/09/2020) warga keturunan tiong hua di Lirang Rt 047/Rw Kota Singkawang menggelar Sembahyang Rampas atau CUNG NYIAN CIAT yang di adakan Klenteng Cetya Tri Darma Bumi Raya Lirang.

Lebih lanjut Wakil Ketua Majelis Agama KhongHucu Indonesia (MAKIN) Kota Singkawang,JHONNI SUN,SH.,MH, menjelaskan, Sembahyang Rampas merupakan puncak dari ritual sembahyang kubur yang dilaksanakan tiap tahunnya oleh masyarakat keturunan tiongHoa secara turun temurun.

“Sembahyang Rampas sebagai Ritual untuk memanggil dan mengantarkan arwana kembali ke Nirwana, ” Jelas nya.

Dikatakan nya lagi, Sembahyang Rampas ini dilaksanakan tiap tahunnya Masyarakat TiongHoa Lirang Kota Singkawang.Dan tadi siang di Klenteng Cetya Tri Darma Bumi Raya Lirang ini,para arwah telah di panggil dengan ritual khusus oleh seorang SingSang.

“Sebelum Sembahyang Rampas di gelar masyarakat TiongHoa memberikan sumbangan secara sukarela berupa makanan,buah-buahan,mie instan, dan roti,” Tutup nya.(Dani).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *